Cari Blog Ini

Minggu, 11 Desember 2011

Kesombongan yang Membabi Buta

Dulu, ada seekor Singa yang sedang tidur pulas..., karena semakin pulasnya dia tidak menyadari ada seekor tikus yang sedang berjalan di badannya. kerana keasyikan bermain, sang tikus lupa bahwa dia sedang  berada diatas tangan Singa. tak  lama kemudian singa pun terbangun dan mendapatkan tikus adadi genggamannya. maka terjadilah percakapan antara Tikus dan Singa ....

Singa  N Tikus

Singa : " Heii,  siapa kamu yang mengganggu tidur ku?"
Tikus : " Ampuuun tuan, jangan bunuh ssya, saya hanyalah rakyat jelata yang sedang mencari sepotong makanan  untuk dimakan."
Singa : " Haaa...Haaa. kebetulan saja, saya sedang bangun tidur dan perut saya lapar tentunya engkau pasti enak untuk menjadi santapan malam saya...Ha...ha....
Tkus : " Ampuuuuuu..........n tuan maafkan lah saya, dan seandainya kalau tuan memaafkan saya dan membiarkan saya pergi, saya  berjanji suatu saat nanti akan saya balas budi kepada tuan.
Singa : " Apa ? kamu yang kecil ini ingin membalas jasa saya ...., haaa..haaa yang benar saja, masa badan semungil ini ingin membantu saya. sudahlah jangan kau bermimpi ingin menolon saya seorang raja hutan. ha...tak mungkinnnnnn......" kata sing dengan sombong. tapi setelah saya pikir - pikir kalau saya memakan kamu pasti tanggung, saya tidak akan kenyang, baiklah kalau begitu kali ini kamu saya lepaskan, sekarang kau boleh pergi.
Tikus : "  Terima kasih tuan, saya akan memegang janji saya suatu saat nanti saya akan menolong tuan."


singkat cerita,   Sedang asyiknya singa bermain, datanglah manusia dan menjerat singa. singapun terperangkap masuk  ke dalam jeratan manusia. karena tidak dapat melepaskan dirinya, singa pun menjerit minta tolong, meraung sekeras-kerasnya.......Auuuuuuuuum.......... setelah singa mengaum, terdengarlah oleh tikus. dan tikus sudah tahu itu merupakan suara singa yang minta tolong.
mendengar suara itu sang tikus memanggil reman-temannya dan memerintah kepada temannya untuk memotong tali yang menjerat singa, dan akhirnya singapun lepas  dari jeratan manusia. dan akhirnya singa sadar, tikus yang dulu dianggapnya kecil ternyata bisa menolong sang raja hutan yang sedang membutuhkan pertolongan. kemudian tikuspun berkata " Wahai tuan Singa, Sungguhpun badan mu besar, tapi janganlah kau menghina makhluk yang kau anggap kecil. karena kita semua adalah makhluk Tuhan.yang punya tujuan untuk apa kita diciptakan oleh Allah SWT. masing-masing kita punya tugas yang berbeda-beda. jadi janganlah sombong.
terima kasih atas nasihat mu tuan tikus. sekarang saya sadar, sebagai makhluk Tuhan , Kita tidak boleh sombong. apalagi kesombongan yang membabi buta.......

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. benar sekali
    saat ini banyaaaaakkk dan seringkali orang-orang yang merasa dirinya kuat, berkuasa, dan punya segalanya memandang orang lain bukan lagi sesama makhluk ciptaan Tuhan....

    semoga kita bukan dari golongan tersebut,,amiin

    BalasHapus